Sabtu, 18 Juli 2009

PROFILE SLB D YPAC BANDUNG

Sejarah Singkat
Tahun 1960 di Kota Kembang Bandung didirikan YPAC (Yayasan Pemeliharaan Anak-anak Cacat) yang tahun 1983 beralih menjadi Yayasan Pembinaan Anak Cacat, cabang Bandung. Pendirinya adalah Ibu Priyatnakusumah, istri wali kota kala itu, dan perintisnya adalah Bapak Prof.dr.Soeharso sejak tahun 1959. Lokasi semula sebuah garasi kecil di Jl. Bawean no.1 dengan 5 anak didik, 1 guru dan 1 tenaga fisioterapist, kemudian dialihkan ke jalan Tamansari No.31 dengan 60 anak didik, 6 guru PLB tenaga bantuan dari Kanwil DikBud, 3 orang Fisioterapis, seorang Orthotist, dokter-dokter ahli kesehatan anak, Orthopaedi (tulang & otot), Saraf, seorang Speechtherapist dan juga seorang Occupational Therapist.
Selanjutnya Pada tahun 1985, berdirilah dengan megahnya sebuah gedung baru YPAC Cabang Bandung di atas lahan seluas +/- 1/2 hektar bantuan dari ASTRA Indonesia dan ICCO Nederland dengan lokasi Jl. Mustang No.46 Bandung. Gedung yang dapat memuat 200 anak didik ini hingga sekarang telah semakin berkembang dengan sarana dan prasarana serta jumlah tenaga guru yang cukup memadai.
YPAC Cabang Bandung bukan berarti telah selesai dengan program pembangunannya tetapi masih harus dipikirkan pembangunan gedung untuk bagian Medis, gedung keterampilan juga asrama. Maka dengan ini Pengurus mengimbau agar para dermawan, sosiawan, dan sukarelawan tetap membantu YPAC, karena pembangunan dan rehabilitasi penyandang cacat fisik (tuna daksa) bukanlah hanya tanggung jawab Pengurus saja tetapi tanggung jawab semua lapisan masyarakat yang cinta kehidupan dan kemanusiaan demi mensejahterakan anak-anak cacat, khususnya anak cacat daksa yang kita cintai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar